[Masak bareng] Pepes ayam

3033770318_8c711fc9b4_o1

Baru pertama ini ikutan acara masak bareng yang di motori 3 ibu cantik dan energic, Ayin, Deetha dan Shinta. Ini juga merupakan pepes ayam pertama saya, selama ini selalu bikin pepes ikan:D. Ternyata enak ya rasanya, suami saya juga suka. Apalagi kalo di makan pake nasi kebul2, walahh…ada mertua lewat bisa2 ga liat..hahaha. Nti pengen bikin lagi ahh..Oya resepnya saya dapat di MP Ibu Tio ( makasih ya ). Sebelum di sajikan, saya bakar sebentar, duh aromanya bener2 mengundang. Dahsyat…:)) Maaf kualitas photo saya ga asik..tapi percaya deh, pepes ayamnya enakkkk..^_^

pepes-ayam11

Ingredients:
500 gr ayam, potong kecil, berikut tulangnya (kalo mau ringkes, pake fillet aja)
1/2 st garam
1 sm air jeruk nipis
3 batang daun serai, iris halus
1 ikat kemangi (kalau ada)
4 lembar daun salam, potong – potong
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah cabe merah, buang bijinya
2 cm kunyit
1 cm laos
1 cm jahe
4 butir kemiri
2 st garam

Directions:
1. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis, remas-remas, sisihkan.
2. Haluskan bumbu, campur bersam ayam, daun salam, daun kemangi dan serai, aduk rata, diamkan selama 1 jam hingga meresap.
3. Bungkus ayam dengan daun pisang menjadi 8 bungkus (sesuai selera), semat dengan lidi, kukus 30 menit hingga matang.

Sajikan selagi hangat..tentunya dengan senyum..:D

pepes

Breaded chicken chops

A day off, ga ada acara ke mana-mana. Migrain, karena pms. Emosi naik turun ga menentu. I must find a way for comforting my self. Nyobain resep biasanya selalu menyenangkan. Hari ini pengen olahan ayam yang berbeda dari biasanya. Saya nemu di majalah, olahan ayam cincang goreng tepung dan saus. Umm…enak! terutama saus nya…!  Hayuuu di cobain…:)

chickchops

Bahan I:

300 gr chicken fillet

1 sdt bawang putih bubuk

30 gr tepung jagung

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

1 putih telur

minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis:

1/2 sdm wijen

100gr sdm tepung terigu

1/2 sdt baking powder

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

Bahan saus :

3 siung bawang putih, cincang kasar

1/2 bawang bombay, iris panjang

1 cm jahe parut ( ambil airnya )

1sdm kecap inggris

1 sdm madu

3 sdm saus tomat

1 sdt kecap manis

1sdt garam

1/2 sdt merica hitam, tumbuk kasar

1/2 sdt merica hitam bubuk

1/2 sdt gula pasir

300 ml air kaldu ayam

100 gr kacang polong ( I used, canned garden peas )

2 sdt maizena dan 1 sdm air, larutkan untuk pengental

1/2 sdt air jeruk lemon

1 sdm margarin, untuk menumis

Cara Membuat:

1. Campur bahan I, kecuali minyak. Aduk rata.

2. Bentuk bulat ( sesuai selera ), gulingkan di bahan pelapis.

3.  Goreng sampai matang.

4. Saus : tumis bawang putih, bombay dan jahe sampai harum. Masukan saus inggris, madu, saus tomat, kecap manis, garam, merica hitam bubuk/kasar dan gula pasir. Aduk rata.

5. Tuang air kaldu ayam. Didihkan. Masukan kacang polong. Aduk, kentalkan dengan larutan maizena. Masak sampai meletup-letup. Tambahkan air lemon. Aduk kembali. Matikan api.

6.  Sajikan bersama ayam.

source: Majalah Sedap, edisi September 2008

Usik Ayam

Pulang mudik kemarin, pas di Bandara iseng2 saya beli majalah kuliner : SEDAP. Isinya kumpulan resep-resep dan tips2 masakan serta berita2 terbaru seputar dunia kuliner Indonesia. Sekarang di sini, saya coba deh resep2nya:D. Resepnya Ok punya lho…:) Dan hari ini, teman saya datang makan siang bersama kami. Jadi pas deh, menjamu tamu dengan resep baru ^_*

Ini di antaranya: Usik Ayam. Olahan baru ini hasil rasanya hampir mirip opor, tapi menurut saya lebih enak. Kenapa ya? hehheeh..ga tau juga. Bumbu dan cara mengolah juga sangat simple.  Saya sih rasanya begitu..Teman saya saja bilang: Sedap, Abby…aduuuhh…, pandai kamu memasak :)) * dgn logat melayunya yg kental*

….berkat majalah Sedap nii…^_^

usik-a1

>> Bahan :

1 ekor ayam

4 lembar daun jeruk, buang tulangnya

1 sdm gula merah, sisir

600 ml santan

Garam secukupnya

2 sdm minyak, untuk menumis

>>Bumbu Halus :

8 butir bawang merah

3 siung bawang putih

4 bh cabai merah keriting ( saya tak pakai, suami tak bisa makan pedas )

1 cm lengkuas

1 cm kencur

1/2 sdt merica

>>Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.

2. Masukan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai matang dan santan hampir habis.

Cinta dalam semangkuk Soto

Setelah menikah, saya baru tau kalau makanan favorite suami saya adalah: SOTO. Sebagai istri, jelas dong ingin menyajikan apa yang di sukai suami, ya kan ? ^_^. Dan semenjak di sini, saya jadi bisa bikin beberapa macam jenis soto ( menurut kesukaan suami ) Pokoknya, masak soto bisa seminggu sekali atau 2x. Gimana engga, suami stress dikit karena thesis, saya pasti sigap deh masak enak ( baca: masak soto), suami sakit, masak soto juga dong, suami happy, ya tetep soto..waakkss..

Kalo nelpon orang tua, tiap di di tanya: ” Abby masak apa hari ini?” pasti jawabnya Abby bikin soto. Sampai mereka yg nanya aja ‘mblenger’ soto lagi ..soto lagi..hahahah..Mungkin juga bertanya-tanya: Jangan2 Abby cuman bisa masak SOTO doang..:))

Gpp deh, yang penting my hubby happy, intinya sih dia suka makan makanan yg berkuah. Saya masak soup, mie rebus, rawon, ok juga, tapi yang paling dia suka adalah soto. Kalau untuk resep soto Banjar ini, adalah hasil menelpon mama tercinta di kampung halaman, saya nanyain resepnya gimana. Soalnya Soto Banjar merupakan menu WAJIB ada tiap lebaran. Kalo hari biasa pengen makan soto Banjar, cukup beli aja di warung, hehehe..so ini resep andalan keluarnya setahun sekali lho..:p. Saya akui, Soto Banjar ibu saya jauh lebih enak, ga tau deh kenapa..Tangannya kali yaa..:D:D. Atau juga saya kurang jam terbangnya nih..:)) ahh..jadi kangen mama saya..>_< . Tunggu daku pulang ya ma, kita bikin soto barengan ^_^

Bahan Soto Banjar:

1/2 ekor ayam (resep asli pakai ayam kampung)
1-2 kuntum bunga lawang
3-4 kuntum cengkih
1 tsp ketumbar
1 tsp merica bubuk
2btg daun bawang

Bumbu halus :
15 siung bawang merah ( saya pake 1 bawang bombay besar soalnya ga punya bawang merah ala Indo)
8 siung bawang putih

Bahan Perkedel Kentang Banjar :

4bh kentang (ukuran: besar )
bawang merah goreng secukupnya
3 siung bawang putih ( bawang putih bubuk )
1 kuning telur
merica
garam secukupnya

Pelengkap : Daun seledri, soun, perkedel kentang, telur rebus, jeruk nipis dan sambal

Cara membuat :
1. Rebus ayam, ambil airnya sebagai kaldu, sisihkan dan ayam di suwir2.
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan bunga lawang, cengkih, merica, garam dan daun bawang yang sudah di iris2.
2. Masukan air kaldu biarkan kuah mendidih.
3. Goreng kentang, haluskan. Kemudian masukan bawang goreng, bawang putih ( goreng setengah matang di haluskan/ bisa menggunakan bawang putih bubuk) kemudian di tambahkan dgn merica dan garam, di ulen sampai adonan tercampur rata.
4. Campur kuning telur dalam adonan kentang, bentuk bulat2, sebelum di goreng di gulingkan dalam tepung terlebih dahulu lalu di goreng sampai kecoklatan.

Penyajian :
Atur dalam mangkuk, soun, ayam suwir, perkedel kentang yang di iris, telur rebus, Siram dengan kuah taburi dengan seledri dan bawang goreng.

Resep asli, di makan dengan ketupat daun Aren yg sudah kering ( selongsong ketupat lebih besar daripada ketupat biasanya), dan biasanya orang Banjar suka menambah kan kecap asin dalam racikan soto mereka 😀