Usik Ayam

Pulang mudik kemarin, pas di Bandara iseng2 saya beli majalah kuliner : SEDAP. Isinya kumpulan resep-resep dan tips2 masakan serta berita2 terbaru seputar dunia kuliner Indonesia. Sekarang di sini, saya coba deh resep2nya:D. Resepnya Ok punya lho…:) Dan hari ini, teman saya datang makan siang bersama kami. Jadi pas deh, menjamu tamu dengan resep baru ^_*

Ini di antaranya: Usik Ayam. Olahan baru ini hasil rasanya hampir mirip opor, tapi menurut saya lebih enak. Kenapa ya? hehheeh..ga tau juga. Bumbu dan cara mengolah juga sangat simple.  Saya sih rasanya begitu..Teman saya saja bilang: Sedap, Abby…aduuuhh…, pandai kamu memasak :)) * dgn logat melayunya yg kental*

….berkat majalah Sedap nii…^_^

usik-a1

>> Bahan :

1 ekor ayam

4 lembar daun jeruk, buang tulangnya

1 sdm gula merah, sisir

600 ml santan

Garam secukupnya

2 sdm minyak, untuk menumis

>>Bumbu Halus :

8 butir bawang merah

3 siung bawang putih

4 bh cabai merah keriting ( saya tak pakai, suami tak bisa makan pedas )

1 cm lengkuas

1 cm kencur

1/2 sdt merica

>>Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.

2. Masukan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai matang dan santan hampir habis.

4 thoughts on “Usik Ayam

Leave a Reply

