3C : Choco-Chips-Cookies

Ngliat cookies bertaburan dari dapur temen2 blog, kok latah yah pgn nyobain, di kulkas dah ada chocochips yg saya beli dah dari beberapa bulan lalu *untung blm expired:p*, browsing2 eh nemu resep dari 101cookbooks. Ternyata dia nyoba resep cookies dari David Lebovitz. Wah..langsung deh, mau nyoba resep ini.

Cuman masalahnya ga punya kacang2an ni buat campurannya. Ya udah saya pergi ke Spar dekat rumah, beli walnut. So, jadi dong sayanya bikin cookies…huhuyy..gaya:P

Masalah yg di temui selama pembuatan, pas di pembakaran dan nyetak adonannya, di arahan resepnya sih di bilang 2tbsp adonan, tapi saya ga ngikutin, cuman 1tbsp aja, jadinya mbeleber tipis ga gendut berisi gitu bentuknya. Kayanya nti kalo nanti buat lagi pengen bikin yang chunky aja deh..heheheh. Dan pada pembakaran ngikutin setting time baking for 18mins, ternyata kok cookiesnya ga kering2 ? Jadinya saya tambah lagi waktu pembakarannya.. apakah mungkin settingan oven saya salah? tapi bener kok 150deg.celcius. Ya sud, biarin lama aja yg penting cookiesnya mateng dan garing.

Untuk masalah rasa, enak euyy….!:))

NB: Setelah browsing di blog NCC, saya ketemu jawabannya: Kenapa cookies saya setelah di bakar jadi mbeleber banget ? Ternyata, jika ingin membuat cookies , saat mengocok mentega dan gula jangan terlalu lama. ( iya sih, saya pas ngocok mentega dan gula waktu nyobain bikin kukis emang kelamaan, ampek putih hehe..terlalu bersemangat:p)

ini petikan tips dari blog NCC : “Mengocok mentega/margarin tidak perlu terlalu lama, cukup sampai tercampur dan lembut saja. Jika dikocok terlalu lama dan sampai putih, kue kering akan melebar terlalu besar saat dipanggang”.

Terima kasih NCC untuk tipsnya!:D

Ingredients :
1/2 cup (100 grams) granulated sugar
1/2 cup (120 grams) firmly packed light brown sugar
8 tablespoons (1 stick) (115 grams) unsalted butter, cold, cut into 1/2-inch (1cm) pieces
1 large egg
1 teaspoon vanilla extract
1/2 teaspoon baking soda
1 1/4 cups (175 grams) all-purpose flour
1/4 teaspoon salt
1 1/2 cups (200 grams) semisweet chocolate chips
1 cup(130 grams) walnuts or pecans, toasted and chopped

Directions :

Preheat to 300F (150C). Line three baking sheets with parchment paper.
Beat the sugars and butters together until smooth. Mix in the egg, vanilla, and baking soda. Stir together the flour and salt, then mix them into the batter. Mix in the chocolate chips and nuts.
Scoop the cookie dough into 2-tablespoon (5cm) balls and place 8 balls, spaced 4 inches (10cm) apart, on each of the baking sheets.
Bake for 18 minutes, or until pale golden brown. Remove from the oven and cool on a wire rack.
Store at room temperature in an airtight container for up to 3 days.
Make about 20 cookies.

6 thoughts on “3C : Choco-Chips-Cookies

  1. huaaaaaaaa itu kali ya kenapa kemarin kukisku juga melebar, soalnya aku bandel… orang dibilang butter yg room temperature, aku make yg baru keluar dari kulkas😀

    eh tapi gak semuanya melebar sih… ntar aku posting deh, fotonya masih diedit

Leave a Reply

